Lomba Aplikasi Mobile Ki Hajar 2018

Lomba Aplikasi Mobile Ki Hajar 2018


Lomba Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajaryang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Lomba ini bertujuan untuk :
Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh pelajar, guru dan masyarakat melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
Memperkaya konten pendidikan di internet.

Lomba Aplikasi Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini di selenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Tahapan Pelaksanaan
Program mobile learing merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) smartphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMPK mencoba untuk memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMPK, maka BPMPK mengajak masyarakat khususnya pelajar, guru dan masyarakat umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning, dalam bentuk Lomba. Lomba tersebut bernama “Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018” dengan 4 kategori, yakni kategori pelajar, kategori guru dan 2 macam kategori umum.
Lomba Aplikasi Mobile Kihajar adalah lomba pembuatan media pembelajaran berbasis device mobile dengan karya berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone, smartphone atau tablet. 

Pelaksanaan kegiatan lomba ini dibagi dalam 5 tahapan, yaitu Sosialisasi/Publikasi, Pendaftaran dan Pengumpulan Karya, Seleksi Karya, Grand Final/Penjurian dan Penyerahan hadiah.

Waktu dan Tempat 
Dilaksanakan pada Oktober 2018 di Jakarta

Rincian Kegiatan
Kemendikbud memiliki program rutin tahunan yaitu anugerah Ki Hajar. Kegiatan ini adalah malam penyerahan anugerah kepada para pemenang lomba yang diadakan di lingkungan kemendikbud. Acara ini diadakan di Jakarta, oleh karena itu untuk kegiatan penyerahan hadiah lomba ini pula direncanakan untuk di ikut sertakan di Malam Anugerah Kihajar.
Juara 1 untuk masing masing kategori akan menerima hadiah secara langsung dari mendikbud di Jakarta. BPMPK akan menanggung biaya tranportasi dari tempat asal pemenang ke Jakarta (pulang pergi) dan akomodasi selama ada di Jakarta.
Untuk pemenang lainnya hadiah akan diserahkan di Semarang di akhir acara Grand Final Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018. Dengan demikian acara lomba ini akan lebih semarak dan dapat di publikasikan ke seluruh insan pendidikan di Indonesia.
Total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori lebih dari Rp. 308.000.000.
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Pelajar
Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 8.000.000,-
Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Guru
Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum 1 V-lab
Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah Untuk Pemenang Kategori Umum 2 Games Edukasi
Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 14.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 12.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-

Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-

Info selengkapnya KLIK DISINI

DMCA.com Protection Status

Comments